Breaking News
Loading...
Monday, January 30, 2012

perbedaan antara website JOOMLA dan WORDPRESS

JOOMLA dan WORDPRESS merupakan dua perangkat lunak PHP Scripts yang paling sering digunakan di Indonesia bahkan mungkin dunia.  Joomla dan Wordpress kedua Scrip ini mempunyai desain dan struktur yang disesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Sebenarnya Softaculous dan Fantastico sudah memberikan Zoning atau penempatan pada keduanya pada saat kita menginstall mereka.

gambar penempatan Joomla dan Worpress pada Softaculous



Tentunya mereka mengerti mengapa demikian. Joomla pada submenu CMS portal sedangkan Wordpress pada submenu Blog.Joomla dan Wordpress keduanya menempati tempat yang sesuai dengan fungsinya. Secara struktur berbeda maka pada maksud dan tujuan pembuatannya pun demikian. Meskipun bisa juga kita bolak balik fungsinya namun itu tidak akan sesuai dengan kemampuan atau tidak sepadan dengan pekerjaan yang kita lakukan.
Joomla dan Wordpress sama baiknya karena mereka menempati fungsi masing-masing. Setelah mencoba keduanya baru kita akan mengerti mengapa Fantastico dan Softaculous menempatkannya demikian.
gambar penempatan Joomla dan Worpress pada Fantastico




Dari beberapa referensi yang saya baca antara Wordpress dan Joomla beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya adalah seperti berikut :
  • Dalam hal SEO kedua CMS ini mempunyai kelebihan masing-masing. Jomla memerlukan setting tertentu untuk menaikkan SEO seperti menambah tags, merubah URL, sitemap dan ping. Untuk kalangan webmaster hal ini mungkin bukan hambatan, tapi bagi blogger newbie seperti blogger amatiran ini, hal ini jelas merupakan suatu tantangan bahkan mungkin hambatan. Sedangkan pada wordpress hal-hal yang berhubungan dengan SEO sudah tersedia kecuali sitemap, namun sitemap dapat diinstal dengan mudah.
  • Dalam hal design themes Joomla lebih unggul dibandingkan dengan Wordpress yang lebih mengutamakan penghematan memory hosting, sepertinya dalam hal ini Wordpress lebih cocok buat blog amatiran ini yang perlu menghemat space karena cuma mampu beli hosting dengan space kecil.
  • Untuk masalah plugin kedua CMS ini menurut mereka tidak ada masalah karena para pengembang masing-masing sudah menyiapkan, tinggal didownload saja secara gratis, yang membedakan hanya cara penginstalannya saja. Kalau yang ini sepertinya blog amatiran ini tidak ada masalah.
  • Tingkat kesulitan di antara kedua CMS ini, Joomla sedikit lebih ribet dibanding Wordpress, menurut mereka hal ini akan ditemui ketika akan membuat postingan, Module (Joomla) dan Widget (Wordpress), Categories di Wordpress lebih mudah dipahami karena sudah support Bahasa Indonesia, dan lain-lain. Inilah yang membuatku masih ragu menggunakan Joomla, tingkat kesulitannya itu lho.http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/17.gif
  • Salah satu kelebihan Joomla (lagi-lagi kata mereka) adalah komponen Forum terintegrasi langsung dengan Joomla itu sendiri, sehingga antara forum dan blog dapat menyatu, sedangkan di Wordpress Forum dan Blog harus dipisahkan walaupun tetap bisa dalam satu database. Inilah hal penting yang membuat saya tertarik menggunakan Joomla ini.



Penggunaan Joomla dan Wordpress
Penggunaan joomla dan wordpress yang sesuai dengan kebutuhan, Kalau memang website yang kita buat berorientasi ke website portal dan membutuhkan full power dan banyak plugin fungsional yang harus berjalan dalam satu website menyatu seperti forum, perpustakaan online, toko online, atau website dengan menu yang beranting  banyak serta komplex maka akan lebih mudah apabila kita menggunakan Joomla, meskipun plugin - plugin wordpress sudah mendukung.
Penggunaan Wordpress sangat efisien apabila kita buat untuk profil perusahaan, website earn money, atau website dalam tingkatan single company yang tidak membutuhkan semua plugin yang menyatu dalam website ( misalnya forum + toko online + perpustakaan  yang jadi satu dalam website tanpa dipisah ). Wordpress lebih mudah dan sederhana dalam pengelolaan halaman adminnya jika dibandingkan Joomla.
Joomla mempunyai struktur yang lebih komplex, hal ini yang menjadi power dari joomla. Kemampuannya dalam menampung extensions, dengan struktur yang lebih komplex dan expand tentulah dia mampu menampung extension lebih banyak. Extensions pada Joomla terdiri dari 3 macam dan merupakan fasilitas yang sangat berguna bagi website dengan tuntutan banyak plugin.  3 macam Extensions itu adalah komponen, modul dan plugin.
Sebagai designer website tentulah harus memahami 2 Php Script tersebut karena sudah merupakan kebutuhan dari pekerjaan.

Pendalaman Joomla dan Wordpress
Untuk lebih mengetahui tentang Wordpress kami mengulasnya lebih dalam di kursus desain website Basic.
Dan mengulas Joomla lebih jauh dengan extensions yang dimiliki dan fasilitas serta kemampuannya di kursus Lanjutan.
Setelah mengetahui perbedaan antara Joomla dan Worpress, kita bisa mendalami tentang optimasi keduanya agar mudah terindex makro search engine di kursus Pendalaman.
Joomla dan Wordpress keduanya adalah perangkat lunak website yang mempunyai bugs atau celah yang sering dimanfaatkan orang untuk dihacking dengan maksud tertentu. hal ini sama dengan komputer kita di rumah yang mempunyai Operating System. setiap perangkat lunak tentu mempunyai bahasa pemrograman yang bisa di kustom menurut keperluan serta di update. karena flexibelitas inilah yang menjadi celah. Langkah terbaik adalah dengan sering mengupdate mereka.
Semoga mereka yang seringkali mengganggu website milik pihak lain dengan kepentingan nafsu akan mendapat hidayah serta ampunan, karena sebiji atom kebaikan dan kejahatan pasti ada balasan-Nya.
hanya ini yang dapat kami simpulkan,ini hasil dari blogwalking kami
terimakasih
satu Follow donk gan :) peaceee :D

back TO home
 

3 komentar:

  1. mantap infonya gan, biasa pake wordpress sih, rencana nya mau belajar joomla
    Web Design

    ReplyDelete
  2. Joomla tampilannya bagus tapi kalau untuk SEO kurang bagus gan

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan bijak

Followers

 
Toggle Footer